Sunday, September 28, 2008

Books

Buku terakhir yang kubaca adalah Twilight dan New Moon, keduanya oleh Stephenie Meyer.


 

Pertama kali baca, aku ngerasa terkesan karna meskipun itu adalah fiksi fantasi romantis yang plot utamanya mengenai cerita cinta klise, Stephenie Meyer mengisahkannya dengan cukup unik dan kiasan yang digunakannya pas. Banyak bagian yang ngebuat aku ngerasa : hei, aku juga merasa begini, aku juga merasa begitu. Pokoknya Meyer berhasil membuatku merasakan déjà vu yang kental sewaktu ngebaca bukunya.


 

Tapi waktu aku ngebaca ulang, well. Aku harus mengakui, kisah cinta ini cukup mengumbar kata-kata gombal. Aku jadi agak ilfil. Sebenernya poin2 yang ingin disampaikan indah dan menyentuh, cuma mungkin ada beberapa yang terlalu berlebihan cara menceritakannya.


 

Terus, tadi aku ngobrak-abrik rak bukuku karna pengen ngebaca ulang komik favoritku sepanjang masa : Throbbing Tonight. Sebenernya lengkapnya ada 30 jilid, tapi aku cuma suka sampe nomer 16. Setelah jilid itu kesannya si pengarang cuma manjang2in ceritanya. Aduh, ga fokus lagi aku. Pokoknya, aku jadi ngerasa ceritanya mirip dengan buku2 Stephenie Meyer. Cuma bedanya tokoh utama ceweknya yang vampir, dan… hm. Banyak sih bedanya, tapi banyak juga bagian yang sama.


 

Ada tokoh vampir, manusia serigala, ada yang punya kekuatan ngebaca pikiran, bisa ke masa depan juga, intinya tetep kisah cinta antara si gadis vampir dengan seorang cowok.


 

Mungkin Meyer terinspirasi sama komik ini ato ini murni kebetulan? Apa dari sekian banyak orang di dunia, emang ada yang bisa memiliki pemikiran yang semirip ini? Ato para editor punya pertimbangan yang sama bahwa hanya cerita2 semacem ini yang memiliki nilai komersil? Bagaimanapun ini mengakibatkan aku jadi cukup ilfil sama dwilogi nya Stephenie Meyer ini. Mungkin karna berkecimpung di dunia jurnalistik (dan mencintainya), aku benci sekali dengan ide plagiatisme, dan kemiripan ini mau nggak mau ngebawa aku ke pemikiran negatif itu.


 

Di luar keilfilanku, aku suka beberapa dialog dan pemikiran tokoh2 utama buku ini. Ada kemiripan juga antara aku dengan tokoh Bella. Misalnya ketidaksukaan akan hujan, matematika, olahraga… bisa dibikin tabel kayaknya kalo di data.


 

Sekarang aku lagi ngidam baca buku terbarunya DEE, judulnya Recto Verso. Lagunya ('Malaikat Juga Tahu') sukses ngebikin aku makin ngebet pengen baca buku ini.

No comments: